spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peresmian Gedung Denpom Samarinda, Gubernur: Pemeritah Daerah Selalu Bantu Instansi Vertikal

SAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor menghadiri sekaligus meresmikan Gedung Detasemen Polisi Militer (Denpom) VI/1 Samarinda Jalan Slamet Riyadi, Senin (28/11/2022).

Peresmian dihadiri juga dilakukan oleh Komandan Pusat POM Angkatan Darat (Danpuspomad) Letjen TNI Tjandra Warsenanto Sukotjo bersama Gubernur Isran Noor dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo ditandai dengan pemotongan pita, diawali penandatanganan prasasti.

“Semoga ini pasti bermanfaat,” ucap Gubernur Isran Noor mengawali sambutannya, seraya mengapresiasi atas diresmikannya gedung bantuan Pemerintah Provinsi Kaltim ini.

Pemerintah Provinsi Kaltim, tegas orang nomor satu Benua Etam ini, telah dan terus berkomitmen serta bekerja sama dengan pihak mana pun, termasuk instansi vertikal di daerah.

Walaupun diakuinya, dari segi peraturan perundang-undangan ada pembatasan dalam hal pemerintah daerah membantu instansi vertikal.

“Tapi kalau itu (membantu) tidak dilakukan pemerintah daerah, maka banyak fungsi-fungsi instansi vertikal yang kepentingannya untuk masyarakat di daerah, tidak berjalan secara optimal,” ungkapnya.

Karena itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Kaltim juga kabupaten dan kota terus berkomitmen, bekerja sama dan membantu instansi vertikal di daerah.

Baca Juga:   Gelar Pangan Murah dan Launching Dapur B2SA, Gubernur: Menjawab Kekhawatiran Krisis Pangan

“Baik dalam hal pembangunan fisik maupun infrastruktur, sehingga instansi vertikal mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal di daerah untuk mendukung kegiatan pemerintah dan masyarakat,” tegas mantan Bupati Kutai Timur ini.

Danpuspomad Letjen TNI Tjandra Warsenanto Sukotjo mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Pemerintah Provinsi Kaltim, khususnya Gubernur Isran Noor atas dibangunnya Gedung Denpom VI/1 Samarinda.

“Kami menyampaikan salam hormat Bapak Gubernur dari Bapak Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Kami sudah lapor Sabtu kemarin ke Beliau, kalau kita akan berangkat ke Samarinda untuk peresmian Gedung Denpom ini,” ujarnya.

Menurut Jenderal Bintang Tiga ini, kehadiran jajaran Pomdam VI Mulawarman harus dirasakan positif oleh seluruh masyarakat Kaltim.

“Dibangunkannya markas Denpom Samarinda melalui anggaran Pemprov Kaltim ini menandakan masyarakat Kalimantan Timur menerima kehadiran Pomdam VI Mulawarman ditengah-tengah mereka,” ucapnya, seraya memerintahkan seluruh jajaran dan prajurit Pomad untuk mengabdikan diri bagi kesejahteraan, keamanan dan kenyamanan masyarakat Kaltim.

Gedung Denpom VI/1 Samarinda dibangun menggunakan dana APBD Kaltim selama 2 tahun anggaran sebesar Rp16,68 miliar berdiri dilahan 4.157 m2 dengan luas bangunan 1.044 m2 berlantai 3, terdiri basement, kantor, ruang tahanan dan pos jaga serta fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga:   Kaltim Raih Penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Terbaik se-Kalimantan

Peresmian Gedung Denpom VI/1 Samarinda dirangkai penganugerahan dan pengukuhan Warga Kehormatan Keluarga Polisi Militer kepada Gubernur Isran Noor oleh Danpuspomad Letjen TNI Tjandra Wibowo Sukotjo dengan menyerahkan piagam serta pin.

Hadir jajaran Forkopimda Kaltim, Wali Kota Samarinda H Andi Harun, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, Kabinda Kaltim Brigjen TNI Hardani Lukitanta Adi, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli, Sekkot Samarinda Hero Mardanus, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda serta tokoh masyarakat dan swasta. (adpim/adv/diskominfokaltim)

Most Popular