spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringatan Hari Pancasila, Basri: Semangat Menuju Indonesia Emas!

BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, berlangsung di Halaman Kantor DPMPTSP, Sabtu (1/6/2024) pagi.

Upacara diikuti oleh para jajaran Pemkot Bontang, dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase selaku inspektur upacara.

Upacara peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini mengandung makna bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri serta berdaulat.

Wali Kota Bontang, Basri Rase menyampaikan, dalam pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keragaman yang ada merupakan berkat rajutan dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika.

“Mari kita semua dimanapun berada untuk bahu membahu, membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucapnya.

Selain regulasi yang berlandaskan semangat dan jiwa pancasila, juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter pada para pemimpin serta masyarakat Indonesia.

Baca Juga:   Basri Peringatkan ASN Tak Curhat dan Kritik Pemerintah di Medsos

“Dengan semangat pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan juga politik,” jelasnya.

Basri mengajak seluruh masyarakat untuk bekerjasama dan berkolaborasi, menjaga kerukunan serta keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila.

Di hari peringatan pancasila ini, semoga dapat memompa semangat masyarakat untuk terus mengamalkan pancasila demi Indonesia maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia. (dwi/adv).

Editor: Yusva Alam

Most Popular