spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringati Hari Nelayan Nasional, Basri Ingin Tingkatkan Ekonomi Biru

BONTANG – Memperingati Hari Nelayan Nasional Tahun 2024, Wali Kota Bontang, Basri Rase menegaskan ingin meningkatkan ekonomi biru di Bontang untuk lebih maju. Hal ini disampaikan saat sambutan sekaligus peresmian Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Jalan MH. Thamrin, Tanjung Limau, Kecamatan Bontang Utara, Selasa (28/5/2024).

“Saya ingin semua ekonomi biru berkumpul di sini, seperti bisa mengambil ikan, membakar, serta dibantu para UMKM untuk meningkatkan ekonomi biru,” ucapnya.

Bahkan dirinya ingin meminta bantuan tersebut kepada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim, untuk bisa membantu memperpanjang pelabuhan hingga luar. Agar kapal dari luar bisa ikut serta mendarat di pelabuhan ini.

“Banyak kapal luar yang mendarat di sini, maka semakin besar juga potensi kita untuk menjaga kestabilan khusus di sektor perikanan,” jelasnya.

Iapun berkomitmen memberikan dukungan penuh terhadap nelayan, dalam rangka pemanfaatan dan pengelola sumber daya ikan yang berkelanjutan. Ini ditunjukan dengan upaya pelaksanaan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) nelayan.

Baca Juga:   Bontang Barat Turut Meriahkan Hari Kesehatan Nasional

“Semoga nantinya dengan peningkatan kapasitas, produksi ikan di sini bisa mempercepat proses,” paparnya.

Selain itu melalui program kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, membuka jalan perlindungan asuransi bagi nelayan.

Mengingat pekerjaan nelayan adalah pekerjaan yang penuh dengan resiko, memiliki BPJS Ketenagakerjaan nelayan bisa memberikan perlindungan untuk keselamatan dan kenyamanan saat melakukan penangkapan ikan di laut. (dwi/adv).

Editor: Yusva Alam

Most Popular