spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perlunya Komunikasi dengan Warga Guntung Sebelum Relokasi Buaya

BONTANG – Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam meminta kepada pihak terkait, agar berkomunikasi dengan semua pihak sebelum melakukan upaya relokasi buaya di Guntung.

Dikatakan Andi Faiz, wewenang relokasi buaya ada di Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), namun ia tetap meminta kepada BKSDA agar berkomunikasi dengan para tokoh dan lapisan masyarakat Guntung.

Bagaimanapun dikatakannya, Buaya Guntung ini sudah menjadi semacam objek wisata. Lantaran banyak orang dari luar Bontang yang jauh-jauh datang ke Bontang khususnya Guntung, untuk menyaksikan sebuah kejadian luar biasa kedekatan antara manusia dan buaya.

“Kalau mau direlokasi atau ada solusi lain, saya kira harus libatkan semua pihak. Jangan memindahkan tanpa memberi tahu,” ujarnya.

Namun begitu ditegaskannya, intinya ia tetap mengutamakan keselamatan warga. Menurutnya, keselamatan warga Guntung yang nomor 1 harusĀ  di kedepankan.

“Ketika ada suatu kebijakan, harus aspek keselamatan dulu yang dipikirkan, baru potensi-potensi lain,” tegas Andi Faiz.

Diketahui, sejak terjadinya penerkaman buaya kepada salahsatu warga Guntung, pihak-pihak berwenang salahsatunya BKSDA berupaya mencari solusi masalah ini. Salahsatunya dengan relokasi buaya-buaya Guntung.

Baca Juga:   Kunker ke Balikpapan, DPRD Bontang Pelajari Mekanisme dan Teknis PTM

Upaya relokasi buaya inipun mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Mulai dari yang pro hingga kontra. (adv/al)

Most Popular