spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perpustakaan Digital, Fasilitas Terbaru di Ruang Tunggu RSUD Taman Husada

BONTANG – RSUD Taman Husada Kota Bontang memberikan fasilitas terbaru kepada para pengunjung yang sedang mengantri, atau pasien yang sedang berobat berupa perpustakaan digital.

Perpustakaan tersebut berupa barcode yang diletakkan tidak jauh dari pintu masuk. Berdekatan dengan ruang tunggu. Bisa diakses menggunakan scan barcode yang ada di smartphone.

“Per tanggal 13 September 2023 pengunjung RSUD dapat menikmati anjungan Buncu Baca Etam yg merupakan proyek hibah dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim,” jelas dr. Siti Aisyatur Ridha, Humas RSUD Taman Husada Bontang saat dihubungi redaksi.

Bila dilihat artinya, Buncu Baca Etam diambil dari Bahasa Kutai yaitu Pojok Baca Kita, namun prinsipnya secara digital. Seperti halnya E-perpusnas, pengguna dapat memilih berbagai jenis buku yang ada sekitar 600 lebih buku.

“Jadi dalam perpustakaan digital ini menyediakan berbagai macam buku, dan buku-buku tersebut bisa untuk semua umur,” jelasnya.

Tentu karena telah memasuki zaman yang sudah serba canggih, rumah sakit pun harus ikut berkembang, tidak hanya dari segi teknologi pengobatan, tapi juga fasilitas penunjang lain, seperti perpustakaan digital tersebut.

Baca Juga:   Instalasi Rehabilitasi Medik Tingkatkan Pelayanan, Terapi Pasien dengan Alat-alat Terbaru

“Anak-anak juga rata-rata sudah bisa pegang gadget, dan jarang membaca, bahkan memegang buku, begitu juga orang dewasa, jadi kita berikan akses ini untuk mereka,” tutupnya.

Pengguna anjungan ini, baik pengunjung maupun karyawan RSUD patut bersyukur, mengingat di Bontang hanya 3 instansi yg terpilih untuk pemanfaatan anjungan buncu baca etam ini.

Pengguna dapat menggunakan fasilitas baca gratis E-buku dengan cara melakukan scan QR, dan berada di area 200 meter dari lokasi titik anjungan. Lalu pengguna tersebut dapat bebas memilih buku, baik itu buku cerita anak, pengetahuan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Semoga dengan adanya layanan baca gratis ini, akan meningkatkan minat baca dan semangat literasi dari pengunjung RSUD Taman Husada. Selain memanfaatkan waktu luang saat menunggu panggilan dokter, maupun panggilan apotek ataupun disaat menunggui keluarga yang sakit. (sya/adv)

Most Popular