spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Persiapan Sudah 80 Persen, Pameran 1001 Pusaka Nusantara Siap Digelar Malam Ini

BONTANG – Pagelaran 1001 Pusaka Nusantara oleh Panji Beber akan dibuka Jumat (2/6/23) malam ini, di Gedung Koperasi Karyawan PKT, pukul 20.00 Wita.

Pagelaran ini menampilkan berbagai macam keris atau benda pusaka, dari berbagai macam daerah di Indonesia. Selain itu, akan ada penampilan kesenian  yang ditampilkan oleh warga lokal.

Wakil Ketua 2 Panji Beber, Ahmad Bajuri mengatakan, benda-benda pusaka tersebut sudah mulai disusun, kesiapannya hingga kini sudah mencapai 80 persen.

“Hari ini yang datang dari Banjar, Samarinda, Yogyakarta, Solo, Bone, Pinrang, Wajo, dan masih banyak lagi, tidak menutup kemungkinan besok akan bertambah yang datang ke Bontang,” jelasnya

Ia menambahkan, masing-masing daerah akan membawa benda pusaka khas daerahnya. Hal ini memungkinkan pusaka yang paling bersejarah juga akan ditampilkan dalam pameran ini.

“Dari informasi sementara hingga saat ini, lebih 100 orang datang dari luar Bontang,” tambahnya.

Sejauh ini antusias seniman-seniman benda pusaka di Indonesia cukup tergerak, untuk memamerkan benda pusaka milik mereka. Sehingga diperkirakan akan ada seribu lebih benda pusaka yang akan terpajang.

Baca Juga:   Vaksinasi Covid-19 Dialihkan ke Puskesmas, PKM BU 1 Buka Setiap Hari

Selain itu, jika seorang pengunjung atau pegiat seni benda pusaka tertarik dengan salah satu benda, mereka dapat memilikinya dengan memberi mahar yang sudah ditentukan.

Acara ini dibuka untuk umum. Seluruh masyarakat dari dalam dan luar kota bebas datang untuk turut meramaikan pagelaran ini.

Koordinator Bidang Koratorial dan Pameran, Maryono mendukung penuh kegiatan ini sebagai ajang pelestarian budaya di Kota Bontang. Ia juga ikut menampilkan benda pusaka miliknya.

“Tentu ini juga sebagai pelestarian budaya, dan penarik masyarakat untuk mengetahui benda-benda pusaka yang tersebar diseluruh Indonesia,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Lurah Satimpo Bontang ini. (sya)

Most Popular