spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perubahan Gusung Jadi Objek Wisata Mulai Dibahas

BONTANG – Dispopar Bontang mulai membahas transformasi Pulau Gusung menjadi salahsatu objek wisata di Bontang. Dengan menggelar pertemuan penyusunan Rencana Induk Pengembangan Objek Wisata (Ripow) Pulau Gusung di Ruang Rapat Dispopar Bontang, Rabu (28/7/2023).

Pertemuan tersebut memaparkan peluang Gusung untuk dikembangkan sebagai wisata di Bontang.

Mengutip dari Instagram Dispopar Bontang, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk transformasi tersebut. Di antaranya menyediakan dokumen rencana induk, penambahan sarana dan prasarana untuk meningkatkan daya tarik pulau yang terletak di Kelurahan Guntung itu.

Adapun rencana beberapa sarana yang ditarget untuk dibangun seperti dermaga, area kuliner, wahana rekreasi air, kolam renang terapung, gazebo, taman bermain anak, toilet, cottage, hutan bakau, sekolah, masjid, dan lapangan.

“Fasilitas tersebut dibangun diharapkan dapat meningkat nilai wisata Pulau Gusung,” ujar Kadispopar Bontang, Ahmad Aznem saat memimpin rapat.

Menurutnya, tak hanya sarana dan prasarana, hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan adalah mental masyarakat setempat untuk menyambut peluang wisata ini.

“Harapannya, penambahan ataupun perbaikan fasilitas yang dilakukan Pemkot Bontang nantinya bisa berjalan maksimal dengan dikelola baik oleh warga sekitar,” ungkapnya.

Baca Juga:   Dinkes Gelar Monitoring Evaluasi PTM, Edukasi Masyarakat Melalui Puskesmas

Jika pengelolaan sudah baik, maka akan memantik para pengunjung untuk hadir di Pulau Gusung. Hadirnya para wisatawan ini diharapkan memberikan dampak baik bagi perekonomian masyarakat, sehingga muncul kemandirian ekonomi, khususnya bagi warga Pulau Gusung.

Sebagai informasi, di pertemuan tersebut dihadiri Kepala Dispopar Bontang, Ahmad Aznem, Kepala Bidang Pariwisata, M Ihsan. Para konsultan, perwakilan Bapelitbang, Kelurahan Guntung, dan Masata Bontang. (adv/al)

Most Popular