spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Petugas Damkar se-Kaltim Adu Skill di Lang-Lang

BONTANG – Skill competition petugas pemadam kebakaran (Damkar) se Kalimantan Timur (Kaltim) dilaksanakan Senin (06/03/2023) mulai pukul 08.00 hingga selesai, bertempat di Stadion Bessai Berinta Lang-lang.

Skill competition dilaksanakan selama dua hari. Sebanyak 8 Kabupaten/Kota mengikuti perlombaan tersebut, “Seharusnya 10 kabupaten/kota, tapi Mahulu dan Berau tidak dapat hadir,” jelas Abdul Aziz, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bontang.

Senin ini, skill competition dilakukan secara berkelompok, 8 orang untuk menyelesaikan 6 rintangan, seperti menarik korban, jembatan titian, papan seluncur, resusitasi jantung paru-paru atau CPR yang merupakan tindakan pertolongan pertama.

Penjurian dilakukan oleh perusahaan mulai dari PT Indominco Mandiri, PT. Pupuk Kaltim dan PT. Badak NGL, “Selain kecepatan, faktor safety juga diperhatikan, lalu untuk CPR ketepatan cara melakukannya dinilai,” imbuh Ilham, Leader Tim Juri.

Selasa (7/3/23) besok, akan dilanjutkan dengan perlombaan survival yang akan dilakukan oleh 2 orang perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota.

Puncak acara akan dilaksanakan pada Kamis (9/3/23) sekaligus pengumuman pemenangnya. Parade mobil fire dan rescue Kota Bontang juga akan dilaksanakan.

Baca Juga:   Wisata Mangrove Teluk Bangko Tak Luput dari Sampah

“Nanti seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat, kemudian pemenangnya akan mendapatkan uang pembinaan,” ungkap Rudi, salahsatu panitia dari DPKP Bontang

Abdul Aziz mengatakan, lomba ini merupakan salah satu langkah untuk pasukan damkar menuju lebih profesional, serta menjalin kekerabatan antar damkar yang ada di Kaltim.

“Apalagi waktu covid kemarin kita tidak bisa melaksanakan acara ulang tahun damkar,” pungkas Aziz. (sya)

Most Popular