spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Program Inovasi Wolbachia Berjalan, Masyarakat Diminta Tetap Terapkan PHBS

BONTANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang melalui Puskesmas Bontang Utara II meminta agar masyarakat tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan 3 M untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD). Walaupun saat ini sudah ada program baru, yaitu inovasi wolbachia.

Hal itu diungkapkan Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Bontang Utara II, Yulisda beberapa waktu lalu.

Dikatakan Yulisda, saat ini Bontang menjadi salahsatu pilot project program inovasi wolbachia, dari 5 kota yang terpilih se-Indonesia. Inovasi wolbachia merupakan program terbaru pemerintah Indonesia untuk menuntaskan DBD.

Peluncuran Nyamuk Wolbachia sudah berlangsung September lalu di Bontang. Saat ini sudah memasuki tahap service pertama. Karena setiap 2 minggu sekali nyamuk wolbachia akan menetas dan harus ada pergantian pallet.

“Walaupun inovasi wolbachia ini adalah program baru namun masyarakat harus tetap laksanakan PHBS. Karena kita belum bisa mengetahui apakah program baru ini berhasil atau tidak,” ujarnya.

Lantaran program wolbachia ini masih membutuhkan waktu lama, maka masyarakat tetap diminta menerapkan PHSB dan 3M, sebagai langkah pencegahan DBD yang selama ini sudah digaungkan. (al/adv)

Baca Juga:   Ragam Reaksi Netizen Tanggapi Bioskop XXI Tayang di Citimall Bontang 11 Oktober

Most Popular