spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

RSUD Beri Penyuluhan Masyarakat Terkait Infeksi Jamur pada Kulit

BONTANG – RSUD Taman Husada mengadakan penyuluhan awam terkait infeksi jamur pada kulit, dalam rangka pekan kepedulian terhadap penyakit jamur, beberapa waktu lalu. Penyuluhan awam tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Penyuluhan ini dilaksanakan di lobi RSUD yang dijabarkan langsung oleh dr. A. Anwar Arsyad SpKK, FINS DV, AADV kepada masyarakat yang sedang menunggu antrian berobat.

Ia menjelaskan terkait penyakit tinea korposis dan kruris atau biasa disebut kadas dan kurap. Tinea Korposis yakni infeksi jamur yang mengenai daerah kulit berambut halus kecuali telapak tangan, telapak kaki, dan lipatan paha.

Kemudian tinea kruris adalah infeksi jamur di daerah lipatan paha, area kemaluan, dan bokong.

“Kedua penyakit ini dapat menular, bisa dari kontak langsung dengan sesama manusia atau hewan, kemudian kontaminasi dari tanah yang terinfeksi dan serpihan dari handuk atau sprei,” jelasnya.

Adapun faktor resiko seperti pakaian yang ketat, kondisi yang hangat dan lembab, kemudian permukiman yang padat. Penyakit ini juga dapat mengenai semua umur.

Baca Juga:   Anak Bawah Umur Dikeroyok di Muara Badak

Ciri-ciri terinfeksi jamur tersebut yaitu, gatal, bercak merah berbentuk merah atau lonjong, serta sisik dan tepi lebih merah, dan bercak tersebut bisa berjumlah lebih dari satu.

“Itulah sebabnya ada baiknya kita tidak menggunakan handuk secara bergantian, rutin mengganti sprei dan mengganti pakaian ketika sudah sangat berkeringat, dan jaga kebersihan diri,” jelasnya.

Bila sudah terinfeksi, bisa langsung konsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin agar segera ditindaklanjuti. (sya/adv)

Most Popular