spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

RSUD Raih Akreditasi Rumah Sakit Tipe B Tingkat Kelulusan Paripurna

BONTANG – RSUD Taman Husada Bontang kerap meraih penghargaan. Penghargaan terbaru di tahun 2023 ini, RSUD mendapatkan Akreditasi dan penghargaan terbaik dari fasilitas kesehatan Rumah Sakit Tipe B.

Tri Ratna Paramita, Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Taman Husada menjelaskan, akreditasi itu dengan tingkat kelulusan paripurna, atau Bintang 5.

Dijelaskannya, pertama tentang akreditasi rumah sakit dimana melakukan survei penilaian di Februari dan awal Maret. Hasilnya sudah keluar dengan terakreditasi Pari Purna atau Bintang 5, Bintang paling tinggi.

Artinya, 5 bintang yang sudah RSUD Bontang dapatkan, jadi akreditasi penilaian mutu, bentuk penilaian mutu rumah sakit yang diakui oleh negara. Dimana setiap rumah sakit harus terakreditasi dengan tingkatan paling tinggi adalah yakni bintang 5 atau dengan sebutan Pari Purna. Selain mutu, ke arah keselamatan pasien, manajemen resiko rumah sakit, pencegahan infeksi, semua ada di dalam situ menjadi satu.

Kedua, mendapatkan penghargaan terbaik dari fasilitas kesehatan rumah sakit tipe B yang terbaik dari Bapeten, terhadap pelaporan untuk sinar radiasi.

Baca Juga:   Ada Penilaian Kebugaran untuk Karyawan di HUT RSUD Bontang ke-21

RSUD Bontang rutin melakukan pelaporan dan perizinan oleh tenaga yang kontak langsung dengan radiasi. Terutama di bagian radiologi.

“Penghargaan yang paling bergengsi adalah tingkat nasional tahun 2022 oleh JKN. Kami mendapatkan juara satu untuk rumah sakit tipe B yang terbaik, oleh JKN. Tahun ini, kita maju lagi mewakili cabang, akan tetapi hanya sampai di wilayah saja. Kami kalah di tahap wilayah, dan di tahap selanjutnya tidak mendapatkan,” bebernya.

Ratna juga menambahkan, jika mau diikuti untuk mendapatkan piagam penghargaan sangat banyak, seperti inovasi pelayanan publik, dan ada juga evaluasi pelayanan publik. Akan tetapi terkadang dengan waktu yang jaraknya sangat singkat dan bersamaan, sehingga tidak sempat untuk mengikuti.

“Kami saat ini sedang penilaian evaluasi pelayanan publik di 2023, dimana rumah sakit merupakan fokus tujuan untuk jadi penilaian. Sampai sekarang hasilnya kami belum menerima, mudahan saja kami bisa menaikan nilainya dan bisa meraih penghargaan,” ucapnya.  (dwi/adv)

Most Popular