spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sasar Perbaikan Sarana Ibadah hingga Pembinaan Keislaman, Safari Ramadan MTMY Baiturrahman Salurkan Rp782 Juta di Bontang

BONTANG – Tebar keberkahan dalam mengisi Bulan Suci Ramadan 1445 H, Majelis Taklim Muslimah Yayasan (MTMY) Baiturrahman salurkan bantuan sosial dan keagamaan pada rangkaian Safari Ramadan 1445 H, dengan menyasar sarana prasarana ibadah hingga pembinaan keislaman di Kota Bontang.

Ketua Panitia Safari Ramadan 1445 H MTMY Baiturrahman, Sherly Diah Anggraini, mengungkapkan tahun ini penyaluran bantuan dilakukan secara langsung ke berbagai sasaran, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap pembinaan keislaman di Kota Bontang.

Total bantuan pada safari Ramadan tahun ini disalurkan sebesar Rp782 Juta lebih, yang terbagi dalam berbagai kegiatan seperti penyaluran paket sembako ke sejumlah pondok pesantren, panti asuhan, panti jompo hingga dhuafa di Kota Bontang.

Selanjutnya bantuan pembinaan anak asuh dan Rumah Quran Baiturrahman, tali asih bagi Takmir Masjid, serta bantuan operasional hingga sarana prasarana bagi Masjid, Musala, TPA dan TPQ di Kota Bontang. Terakhir program Bidik Pembangunan Safari Ramadan 1445 H, menyasar dua lokasi yakni di Masjid Al Hijrah Kelurahan Guntung Bontang Utara, serta TPA Al Misbah Kelurahan Bontang Kuala.

Untuk Masjid Al Hijrah Guntung, realisasi bantuan berupa pembangunan kamar mandi, tempat wudhu, teras serta gudang dengan senilai Rp223,9 Juta. Sementara untuk TPA Al Misbah Bontang Kuala, berupa renovasi kelas dan pembuatan kamar mandi senilai Rp131,7 Juta.

“Kami sampaikan terima kasih kepada para donatur, mulai dari Pupuk Kaltim dan anak perusahaan, UPZ Pupuk Kaltim, pemilik usaha hingga individu dan anggota MTMY Baiturrahman, yang telah mempercayakan penyaluran dana melalui kegiatan safari Ramadan tahun ini. Semoga menjadi berkah untuk kita semua,” ujar Sherly.

Baca Juga:   Bantu Pemulihan Kondisi Pasca Erupsi Semeru, UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Rp248 Juta
Sasar Perbaikan Sarana Ibadah hingga Pembinaan Keislaman, Safari Ramadan MTMY Baiturrahman Salurkan Rp782 Juta di Bontang
Kegiatan Safari Ramadan 1445 H MTMY Baiturrahman. (Ist)

Ketua MTMY Baiturrahman, Agustina Ratna Kusuma Dewi, menyampaikan Safari Ramadan merupakan agenda tahunan pihaknya dalam meningkatkan jalinan silaturahmi dan dakwah, yang diwujudkan melalui kepedulian terhadap sesama. Kegiatan ini telah berjalan selama 20 tahun dengan sasaran mulai perorangan hingga sarana prasarana ibadah, yang diharap mampu menghidupkan semangat kebersamaan serta memperkokoh rasa persaudaraan antar masyarakat di Kota Bontang.

“Kegiatan ini bukan sekadar rutinitas, tapi upaya MTMY Baiturrahman mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan semangat sedekah dan peduli terhadap sesama, utamanya dalam mengisi keberkahan Ramadan,” ucap Agustina.

Dijelaskannya, untuk program Bidik Pembangunan sebagai puncak Safari Ramadan tahun ini, penetapan dua lokasi sasaran di Kelurahan Bontang Kuala dan Guntung didasari sejumlah pertimbangan, seperti kondisi kelayakan hingga nilai urgensi dari tiap sasaran. Penetapan dilakukan setelah survei dan verifikasi langsung pada 30 lebih lokasi di Kota Bontang, yang berjalan sejak Agustus 2023.

Dari bantuan ini diharap aktivitas ibadah dan pendidikan keislaman bagi masyarakat di dua kawasan tersebut dapat berjalan lebih maksimal, seiring terpenuhinya fasilitas dan sarana prasarana yang selama ini sangat dibutuhkan. “Semoga Safari Ramadan tahun ini semakin mempererat ukhuwah islamiyah sesama muslim, dengan berbagi keberkahan dan meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT,” tambah Agustina.

Baca Juga:   Demplot NPK Pelangi JOS PKT, Produktivitas Padi Bojonegoro Naik hingga 36 Persen

Direktur Operasi Pupuk Kaltim F Purwanto, mengapresiasi Safari Ramadan yang rutin digelar Majelis Taklim Muslimah Yayasan Baiturrahman setiap tahun, dalam upaya mempererat silaturahmi antar sesama muslim tanpa meninggalkan aspek sosial kemasyarakatan. Dikatakannya, kegiatan ini memiliki nilai manfaat yang luas bagi masyarakat sekitar perusahaan maupun Kota Bontang secara umum, melihat realisasi sasaran yang mencakup berbagai bidang.

Hal ini pun sejalan dengan komitmen Pupuk Kaltim untuk memberi manfaat, sekaligus wujud peran serta dalam mendorong penguatan kapasitas yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dan keislaman. Dari hal ini diharap semangat berbagi pun semakin tumbuh dan berkembang, tidak hanya di lingkungan Pupuk Kaltim tapi juga masyarakat Bontang.

“Mewakili Manajemen Pupuk Kaltim, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai momentum bagi kita untuk meningkatkan kebersamaan dan kecintaan kepada sesama, melalui semangat berbagi di bulan suci Ramadan,” ucap Purwanto.

Dirinya pun mendorong Safari Ramadan ini terus terselenggara setiap tahun, sebagai bentuk syiar islam sekaligus wujud semangat kebersamaan dan keikhlasan yang senantiasa dijunjung Majelis Taklim Muslimah Yayasan Baiturrahman. Terlebih manfaat yang disalurkan memiliki manfaat dengan sasaran yang jelas, serta memberi dampak positif baik bagi masyarakat secara langsung maupun pembinaan aktivitas keislaman di Kota Bontang.

Baca Juga:   Resmi Luncurkan Community Forest, Pupuk Kaltim Gandeng KOSTRAD untuk Tanam Ribuan Pohon

“Kami harap Safari Ramadan ini semakin ditingkatkan dengan penuh keikhlasan dan semangat, saling mendukung serta menginspirasi untuk terus menyebarkan kebaikan kepada sesama,” kata Purwanto.

Mewakili penerima manfaat, Takmir Masjid Al Misbah Bontang Kuala Jaffar, menyampaikan terima kasih atas kepedulian MTMY Baiturrahman untuk peningkatan fasilitas di TPA Al Misbah, sehingga pembinaan keislaman bagi anak-anak perkampungan atas air itu berjalan lebih maksimal. Terlebih renovasi kelas dan pembuatan kamar mandi, merupakan fasilitas yang selama ini sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran aktivitas.

“Bantuan fasilitas ini sangat kami harapkan dan akhirnya terealisasi. Semoga dukungan ini menjadi berkah dalam mendorong pendidikan generasi yang Qurani di Kota Bontang, khususnya di kawasan Bontang Kuala,” tutur Jaffar.

Sasar Perbaikan Sarana Ibadah hingga Pembinaan Keislaman, Safari Ramadan MTMY Baiturrahman Salurkan Rp782 Juta di Bontang
Kegiatan Safari Ramadan 1445 H MTMY Baiturrahman. (Ist)

Senada, Takmir Masjid Al Mustaqim Kelurahan Api-api Ahmad Suroso, pun menyampaikan bantuan Safari Ramadan MTMY Baiturrahman akan dimanfaatkan sesuai amanah untuk peningkatan sarana prasarana masjid. Terlebih dengan tingginya aktivitas selama Ramadan, dukungan fasilitas dan prasarana lainnya pun diharap dapat lebih optimal untuk memberikan kenyamanan ibadah masyarakat.

“Dukungan ini sangat berarti dlaam mendukung operasional hingga sapras Masjid, sehingga masyarakat sekitar bisa menjalankan ibadah maupun aktivitas lain selama bulan suci ini. Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan,” tutur Suroso.(adv)

Most Popular