spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sigap Bencana, HARRIS Hotel Samarinda Rutin Gelar Simulasi Kebakaran Gedung

SAMARINDA – HARRIS Hotel Samarinda menggelar simulasi evakuasi kebakaran pada Selasa (30/8). Simulasi itu ditujukan mengantisipasi terjadinya bencana yang berdampak pada keamanan karyawan maupun tamu hotel.

M. Bilal (Executive Housekeeper HARRIS Hotel Samarinda) selaku Chief Warden tim ERT (Emergency Response Team) yang bertugas menjelaskan, selain tim internal hotel, kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, Polresta Kota Samarinda & Polairud Polresta Samarinda, Polsek Sungai Kunjang, Palang Merah Indonesia Kota Samarinda, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Samarinda, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Prov. Kaltim, Basarnas Kota Samarinda dan Sucofindo Samarinda.

Simulasi kali ini merupakan latihan ke-4 yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dengan mengevakuasi korban pingsan, patah tulang, ibu hamil, serta karyawan dan tamu yang berada di gedung hotel. Evakuasi korban hotel melalui akses luar gedung, yaitu korban dibawa dengan menggunakan Vertical Rescue atau tali, dari lantai 13 ke lantai 5, selanjutnya dari lantai 5 ke mobil ambulans PMI menggunakan Mobil Tangga dari pihak DamKar.

Karyawan HARRIS Hotel Samarinda diharapkan mempunyai kemampuan tanggap darurat, khususnya dalam bencana kebakaran, karyawan harus mengerti cara tanggap kebakaran, penyelamatan diri dan latihan evakuasi korban.

General Manager HARRIS Hotel Samarinda, Suhendri Ari Nugroho tidak berharap kebakaran ini benar-benar terjadi. Namun nampaknya pihak hotel ingin semuanya harus siap. “Simulasi ini sudah rutin tiap tahun kita adakan, dengan melibatkan pihak terkait lainnya guna terus melatih karyawan agar tetap tanggap bencana”.

Selain itu, karyawan HARRIS Hotel Samarinda juga sudah diberikan pelatihan mengenai kebakaran dan diperkenalkan cara untuk memadamkan api menggunakan media APAR, Fire Blanket, dll. Setiap harinya pun selalu ada karyawan yang bertugas untuk menjadi tim ERT (Emergency Response Team).

Proteksi kebakaran pun sudah dipersiapkan di seluruh kamar HARRIS Hotel Samarinda yang memiliki 143 kamar. Dijelaskan oleh Rezeky Nugroho Chief Security HARRIS Hotel Samarinda, hotel juga sudah dipersiapkan Fire Alarm, yang biasa dikenal dengan smoke detector dan pipa springkle yang siap mengeluarkan air disaat suhu ruangan mencapai titik panas. Alat tersebut tiap tahunnya harus masuk dalam sertifikasi uji kelayakan yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda. Tabung Hydrant (APAR) juga disediakan di lorong kamar di setiap lantainya.

HARRIS Hotel Samarinda, Berlokasi strategis di tepi Sungai Mahakam akomodasi bintang empat terkemuka di Samarinda, menawarkan kualitas, desain unik serta pelayanan yang terbaik bagi tamu domestik maupun internasional.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Leonita Christi Da Silva
Marketing & Branding Manager
m: +62 – 813 4957 8171
E: mbm-harris-samarinda@tauzia.com

KORAN DIGITAL TERKINI

Most Popular