spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sosialisasi Perda Narkotika, Kadir Tappa: Kita Tak Boleh Kalah dengan Narkoba!

BONTANG – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Abdul Kadir Tappa memberikan sosialisasi peraturan daerah (perda) kepada masyarakat Bontang di Hotel Andika, Sabtu (9/3/24).

Ia mensosialisasikan terkait perda nomor 4  tahun 2022, tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika, prekusor narkotika, dan psikotropika.

Ia mengatakan bahwa kita tidak boleh kalah dengan narkoba. Hal ini perlu diseriusi, oleh sebab itu ia melaksakan sosialisasi ini sebagai keseriusan pemerintah menyingkirkan narkoba. Ia sengaja mengundang para RT karena mereka bagian dari pemerintahan.

“Bontang sudah darurat. Jangan sampai hari ke hari nambah, kalo bisa makin berkurang bahkan tidak ada lagi,” jelasnya.

Suasana sosialisasi Kadir Tappa. (Syakurah/Radarbontang)
Suasana sosialisasi Kadir Tappa. (Syakurah/Radarbontang)

Hal ini menjadi perhatian semua masyarakat, karena pemberantasan bukan hanya tugas pemerintah ataupun BNN, masyarakat harus berperan dan jangan menutup-nutupi, karena hal ini beban untuk kita semua masyarakat.

Michael Samosir, Kasubbag Umum BNNK Bontang selaku narasumber menjelaskan, bahwa Kota Bontang sendiri menjadi tempat persinggahan, sehingga barang-barang narkotika tersebut dapat masuk ke Kota Bontang.

Baca Juga:   Petugas Temukan Miras Dalam Tas Tak Bertuan di Pelabuhan Loktuan

“Bisa masuk lewat manapun, dan bisa masuk ke lapisan manapun, gaada yang lewat,” jelasnya.

Mayoritas penyalahguna narkoba memperoleh narkoba pertama kali dari teman, pacar atau kenalan sebanyak 84,49 persen baik di perkotaan maupun perdesaan. Alasan yang paling sering adalah karena ingin mencoba.

Mengingat sekali lagi, stigma para pemakai dan orang sekelilingnya yang takut melaporkan pengedar atau pemakai ke BNN. Padahal BNN sendiri tidak akan melakukan proses hukum tapi justru membantu agar tidak terjerat lagi dengan narkoba.

Sosialisasi Perda Narkotika, Kadir Tappa: Kita Tak Boleh Kalah dengan Narkoba!
Suasana sosialisasi Kadir Tappa. (Syakurah/Radarbontang)

Adapun pendekatan secara agamis oleh Misransyah, Pembina Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Taman Firdaus menjelaskan, bahwa penting merawat keimanan agar tameng diri kepada hal-hal buruk dapat diperkuat.

“Mari kita jaga anak-anak kita yang merupakan amanah,” terangnya.

Itulah sebabnya keluarga adalah faktor utama, jangan sampai tidak betah di rumah, dan ketika keluar rumah menemukan komunitas baru yang mereka senangi, mereka malah salah berkumpul dan mencoba narkoba.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular