spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sukses Kelola Pembuangan Sampah, Bontang Diganjar Piala Adipura Kencana Ketiga Kalinya

BONTANG – Kota Bontang berhasil mempertahankan penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan itu langsung diterima oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase, pada Selasa (5/3/2024). Penyerahaan penghargaan berlangsung di Kantor Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang, Heru Triatmojo mengatakan, untuk penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada Wali Kota Bontang, Basri Rase. Bontang sukses mempertahankan penghargaan ketiga kalinya ini, lantaran dapat mengelola pembuangan sampah dengan baik.

“Program ini inovasi yang bisa dibanggakan, dapat mengatur jam pembuangan sampah. Terbukti berdasarkan data, Bontang mampu mengurangi populasi sampah 30 persen per harinya,” ucapnya saat diwawancarai, Rabu (6/3/2024).

Sampah yang dikelola menjadi komoditi akan bermanfaat, seperti lilin aromatik yang terbuat dari minyak jelantah dan paving blok terbuat dari sampah plastik. Secara estetik Kota Bontang berhasil mengurangi jumlah tong sampah yang ada.

“Ada juga inovasi Jemput Beli Tabung (Jelita) yang melibatkan sejumlah kelompok swadaya masyarakat. Inovasi ini jadi salah satu program yang berdampak besar terhadap pengurangan sampah,” paparnya.

Baca Juga:   IBI Bontang Wajibkan Anggotanya Jadi Orang Tua Asuh Anak Stunting

Kemudian, untuk mengolah sampah anorganik, program sedekah sampah, dilakukan dengan cara mengumpulkan sampah plastik pada suatu tempat, dimana sampah-sampah tersebut akan dijual ke pengepul.

“Hasil penjualan sampah akan disumbangkan ke rumah ibadah dan kegiatan sosial. Bahwa program ini juga mendapat dukungan dari beberapa perusahaan besar di Kota Bontang,” jelasnya.

Perlu diketahui, Kota Bontang sudah tiga kalinya meraih penghargaan Adipura Kencana pada tahun 2013, 2022, dan 2024. Pernah juga Kota Bontang mendapatkan penghargaan Adipura Kencana pada 2016 lalu. Tak hanya itu, 8 kali mendapatkan penghargaan Adipura pada 2008-2012, 2014, 2015, dan juga 2018.

Heru menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Bontang yang telah ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan kota. Terlebih kepada para petugas kebersihan yang telah bekerja keras membersihkan ruang dan sudut kota dari tumpukan sampah.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Bontang, dan juga kepada seluruh petugas kebersihan yang sudah bekerja keras. Semoga piala penghargaan ini bisa terus bertahan,” tutupnya

Penulis: Dwi S

Baca Juga:   Rujuk Ditolak, Pria di Bontang Hajar dan Curi Barang Mantan Istri 

Editor: Yusva Alam

Most Popular