spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tips Kenali Gejala DBD dan Pencegahannya dari Dokter Spesialis Anak RSUD Bontang

BONTANG – Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Bontang khususnya semakin meningkat. Bisa dikatakan DBD kali ini tidak tergantung dengan musim, bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. DBD pun banyak menyerang anak-anak remaja kebanyakan.

Dokter Spesialis Anak RSUD Taman Husada Bontang, dr. Ida Ayu Laksmi Arnita Utari, M.Sc,Sp.A mengatakan, untuk menghindari tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk kebanyakan, seperti genangan air sehabis hujan atau bahkan pot-pot bunga juga menjadi salah satu sarangnya jentik-jentik dan bahkan menjadi nyamuk.

“Ini sebenarnya sangat bisa dicegah, seperti membersihkan penampungan air, atau bak kamar mandi. Kita harus rajin sikat dan dibersihkan,” ucapnya saat diwawancarai awak media radarbontang.com, Rabu (01/11/2023).

Tanda BDB pun antara lainnya seperti demam tinggi sekira 2-7 hari harus sangat diwaspadai. Karena jika demam tinggi dan sudah melebihi dari 3 hari lamanya, maka diharuskan untuk periksa dan dibawa ke laboraturium. Selain demam ada juga sakit kepala, mata terasa nyeri, nyeri sendi, serta bintik merah.

Baca Juga:   Cath Lab Sudah Tersedia di RSUD Bontang, Mudahkan Dokter Diagnostik Penyakit Jantung

“Paling utamanya adalah demam, saran saya di hari ketiga dan keempat jika demam tidak turun, maka segera periksa dan cek di lab. Tetap juga harus mengukur demam menggunakan termometer setiap saat,” paparnya.

Maka dari itu, dr Laksmi sangat mengimbau agar masyarakat dapat melakukan pencegahan dengan 5M, yakni pertama menguras. Masyarakat dapat menguras, membersihkan tempat penyimpanan atau genangan air.

Kedua menutup. Tutuplah kembali tempat air rapat-rapat setelah mengambil airnya, agar jentik atau nyamuk tidak dapat masuk.

Ketiga mengganti. Ganti air yang berada di vas bunga atau pot tanaman air. Keempat kubur dan buanglah plastik dan barang bekas pada tempatnya, agar sampah tidak digenangi oleh air saat hujan. Kelima menaburkan. Untuk tempat-tempat air yang sulit sekiranya untuk dikuras, taburkan bubuk abate ke dalam genangan air tersebut untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. (dwi/adv).

Most Popular