spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TP PKK Provinsi Penilaian Dasa Wisma di Kelurahan Belimbing

BONTANG – Penilaian Lomba Dasa Wisma Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023, dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Timur dilaksanakan Selasa (13/6/23) di Kelurahan Belimbing.

Kelompok Dasa Wisma Mawar RT 7 Kelurahan Belimbing masuk nominasi dalam 3 besar seleksi administrasi, dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi lapangan.

Sekretaris II TP PKK Provinsi Kalimantan Timur, Dian Melati mengatakan, sejauh ini Dasa Wisma RT 7 Kelurahan Belimbing sudah sangat baik, mulai dari administrasi, profil ketua Dasa Wisma dan juga inovasi.

“Penilaian terbesar dalam Dasa Wisma ini adalah Inovasi,  jadi makin banyak inovasi makin banyak nilainya,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada saat penyerahan berkas-berkas administrasi, Kelurahan Belimbing tidak menerima akan ada inovasi yang ditampilkan dalam Dasa Wisma tersebut.

“Jadi ketika kami tinjauan lapangan langsung, ternyata ada dua inovasi yang ditampilkan dari Kelurahan Belimbing,” ucapnya

Terdapat dua inovasi yang ditampilkan berupa tanaman Sorgum yang memiliki banyak manfaat, hingga bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Karena Sorgum juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Baca Juga:   Pelaku Ekraf Dibekali Ilmu Dasar Fashion Desain Busana

Kemudian, minuman lemon, jahe, madu, yang sebenarnya cukup bagus, hanya saja bahan-bahan yang digunakan tidak semua dari hasil panen sendiri, baru jahenya saja.

“Karena memang kita akan menilai untuk pemanfaatan pekarangannya juga, bahan-bahan yang digunakan tidak dibeli di pasar,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris II PKK Provinsi, Rusmilawati menekankan pemanfaatan pekarangan dalam melakukan inovasi juga menjadi nilai tambahan. Jadi, Dasa Wisma ini merupakan salah satu cara agar keluarga-keluarga dapat melakukan inovasi.

“Kami cukup puas dalam melaksanakan penilaian di Kelurahan Belimbing ini, dan yang paling harus ditekankan lagi adalah tanaman Sorgum itu. Karena memang belum ada yang menggunakannya,” tutupnya. (adv/sya)

Most Popular