spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Volume Sampah Terus Bertambah, Heru: Kesadaran Masyarakat Kurang

BONTANG – Heru Triatmojo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang mengatakan, dalam sehari masyarakat Bontang membuang sampah sebanyak 0,5 kilogram per orang. Hal ini membuat volume sampah di Bontang kian menumpuk.

“Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sudah sangat menumpuk, kami butuh kesadaran masyarakat,” ungkap Heru saat ditemui di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Jumat (03/03/23).

Heru merasa kesadaran masyarakat akan pengolahan sampah masih sangat minim, sehingga masih bergantung pada orang lain.

“Mindset masyarakat itu selalu mengandalkan pasukan kuning,” beber Heru.

Pemerintah Bontang sendiri sudah sering memberi edukasi mengenai pengolahan sampah organik dan sampah rumah tangga. Sampah organik dapat digunakan sebagai pupuk, dan sampah rumah tangga dapat didaur ulang.

“Pengolahan sampah bukan tugas pasukan kuning, itu tugas kita semua, ” tegasnya.

Masyarakat diharap dapat membuang sampah ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) atau Tempat Pengolahan Sampah 3R ( reduce, reuse, recycle) setempat, sehingga sampah dapat diolah dengan baik. Sehingga nantinya sampah yang dibawa ke TPA tidak banyak.

Baca Juga:   Barang Bukti Hasil Tangkapan Operasi Pekat Dimusnahkan

“Adipura ini bukan untuk pemerintah, tapi karena dilihat dari perilaku masyarakat juga dalam pengolahan sampah,” lanjut Heru.

Ia juga berharap kebiasaan dan perilaku masyarakat Bontang dapat diubah, masyarakat harus sadar akan kebersihan dan pengolahan sampah untuk ke depannya. (sya)

Most Popular