spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Bontang Barat Budidaya Lebah Klanceng

BONTANG – Salah satu upaya dalam menambah penghasilan masyarakat adalah dengan membuat UMKM. Seperti yang dilakukan oleh warga Telihan, Bontang Barat. Katenu, warga melakukan budidaya lebah klanceng sejak 2 tahun lalu.

“Awalnya saya buat ini karena anak saya suka sama madu, kemudian saya liat teman-teman dari You Tube cara-cara memeliharanya, alhamdulillah sekarang saya sudah ada 10 log (10 sarang),” ungkap Katenu.

Katenu mengatakan tidak ada kendala dalam proses pemeliharaan, sarang lebah hanya butuh ditutup dengan rapat agar tidak ada serangga yang masuk. Kemudian, jika musim panas madu yang di hasilkan bisa mencapai 2 liter lebih dalam sekali panen. Hasil panennya kemudian ada yang dijual dan ada yang untuk konsumsi pribadi.

Camat Bontang Barat Anwar Safat mendukung penuh budidaya ini. “Pengembangan budidaya lebah klanceng ini juga bentuk peningkatan ekonomi masyarakat, karena lebah ini tidak menyengat dan mudah dipelihara. Kami juga bekerja sama dengan Bapelitbang untuk penuntasan kemiskinan, sudah ada bantuannya, demikian juga dari stimulan RT. Ke depannya kami akan carikan sumber-sumber lain,” Jelas Anwar.  (adv/sya)

Baca Juga:   Bontang Selatan Bertekad Pertahankan Juara Umun

Most Popular