spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Diimbau Hati-hati! 6 Bulan ke Depan BK Bakal Alami Banjir Rob

BONTANG – Selama 6 bulan ke depan diperkirakan banjir rob akan melanda wilayah Bontang Kuala (BK) dan terjadi pada malam hari. Warga sekitar dan pengunjung BK diimbau untuk berhati-hati. Hal itu diungkapkan Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan saat ditemui di Kantor Kelurahan BK, Kamis (5/10/23).

“Kita tahu pasang surut air mengikuti rotasi perputaran bulan. Per Oktober, selama enam bulan ke depan banjir akan terjadi malam,” jelasnya.

Banjir rob tersebut biasanya akan terjadi selama 5 jam. Contoh, apabila banjir terjadi pukul 6 sore, banjir akan surut pada pukul 10 malam.

Namun, setelah melakukan normalisasi sungai, ia mengatakan bahwa volume air yang tergenang sudah tidak menyentuh trotoar dan meluap ke pemukiman.

“Semenjak normalisasi trotoar susah terlihat, karena sebelumnya kan kalau sudah rob, pengunjung atau warga suka terjebak, di depan SD juga sudah tidak banjir sampe sana,” imbuhnya.

Adapun rumah warga yang berada di atas air tidak bisa dihindari untuk terkena banjir rob, karena terdapat beberapa rumah yang posisi rumahnya masih di bawah.

Baca Juga:   Vaksinasi Covid-19 Dialihkan ke Puskesmas, PKM BU 1 Buka Setiap Hari

“Kalau rumah warga kita yang di laut kan biasanya bagian depannya rata jalan tuh, nah biasanya gak kena banjir, tapi bagian dapur mereka biasanya lebih rendah dari rumah bagian depan, jadi dapur mereka sering kena banjir,” ujarnya.

Suiza mengatakan, telah memberikan imbauan kepada warga yang akan berkunjung ke Bontang Kuala agar tidak datang pada malam hari, agar tidak terjebak banjir.

“Dan untuk warga tidak ada himbauan yang gimana-gimana. Kebanyakan warga Bontang Kuala juga sudah mengerti kapan akan ada banjir rob,” tutupnya.

Penulis: Syakura

Editor: Yusva Alam

Most Popular