spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Malahing Bakal Menikmati Air Bersih, Anggaran Dialokasikan Tahun 2022, Pakai Jalur Pipanisasi Bawah Laut 

BONTANG – Warga Kampung Melahing atau Malahing di RT 30, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Bontang Selatan bakal menikmati air bersih. Rencananya air bersih akan didistribusikan oleh PDAM Bontang dari Bontang Kuala melalui pipanisasi.

Menurut Wali Kota Bontang Basri Rase, perencanaan dan anggaran sudah disiapkan di APBD Bontang tahun 2022. “Iya, kita harapkan bisa segera terelasasi dan warga bisa segera menikmati air bersih langsung dari PDAM,” tutur Basri Rase.

Terpisah, Direktur PDAM Bontang Suramin menjelaskan, untuk mengaliri air bersih ke Malahing, maka diperlukan pipa di bawah laut. “Maka harus memasang pipa sepanjang 3 kilometer,” ujarnya.

Anggaran untuk pemasangan pipa teresebut berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bontang. “Mereka nanti yang mengerjakan. Insya Allah kami support kebutuhan air bersih ke Malahing,” sebutnya.

Pemukiman Malahing Bontang. Foto: Lulu

Sementara itu, Ketua RT 30 Malahing Nasir Lakada mengaku sudah lama warga Malahing dijanjikan air bersih melalui PDAM. Ada 2 opsi pemenuhan air bersih untuk warganya. Pertama, pemasangan pipanisasi melalui penggalian jalur laut. Opsi kedua pemasangan tandon air di Bontang Kuala. “Kalau dari kami mintanya pemasangan pipanisasi,” katanya.

Baca Juga:   Akui Tunjangan Kinerja ASN Terlambat, Najirah: Sabar Saja!

Dikatakannya, PDAM dan Pemkot juga sudah melalukan survei lapangan. “PDAM sekali melakukan pengukuran jarak dari BK ke Malahing. Kalau Pemkot sudah dua kali,” tambahnya. “Tapi belum tahu kapan dikerjakannya,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pulau Malahing yang berada di pesisir Bontang telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lantaran keunikan dan produk hasil lautnya. Namun, karena lokasinya di tengah laut, tidak ada sumber air bersih. Warga juga berharap rencana ini bisa segera terealisasi mengingat sudah 20 tahun masyarakat Malahing kesulitan air bersih. (ahr/red)

Most Popular