spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga RT 14 Gunung Elai Keluhkan Banjir, Abdul Samad: Pemkot Harus Segera Tindaklanjuti!

BONTANG – Komisi III meminta Pemkot Bontang segera membuatkan parit di RT 14, Kelurahan Gunung Elai. Lantaran di kawasan ini masih sering terjadi banjir. Hal itu terungkap saat sidak Komisi III DPRD Bontang, Selasa (14/11/2023) lalu.

“Semua keluhan warga di sini ialah karena adanya banjir, yang dimana harus ada arus atau parit untuk mengalirnya air,” ucap Abdul Samad, Anggota Komisi III DPRD Bontang.

Permasalahan banjir ini akibat pembuangan air dari area bukit di Jalan Bhayangkara. Keluhan ini sudah lama dirasakan oleh warga sekitar. Akibatnya rumah-rumah warga di Jalan Brokoli Raya kerap tergenang.

“Ini dampaknya ke warga yang pemukimannya berada di pinggir sungai, saya meminta pemkot harus serius menindaklanjuti,” paparnya.

Warga ingin agar pemukimannya tidak lagi terkena banjir, bahkan saat cuaca lagi hujan pun menimbulkan bau yang tidak sedap. Sehingga genangan air juga bisa menjadi salah satu tempat terjadinya kumpulan sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Catatan penting yang harus diperhatikan sebelum membuat parit, pastikan terlebih dahulu kepemilikan lahan, jangan sampai ada permasalahan,” bebernya.

Baca Juga:   Komisi I Minta Pemkot Tuntaskan Masalah Kewenangan di Perairan Sekitar Bontang

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Sanitasi Air Minum dan Sumber Daya Air Dinas PU-PR, Edi Suprapto mengatakan, ada alokasi anggaran untuk pembuatan parit, namun pihaknya harus berkoordinasi dengan Dinas Perkim terlebih dahulu.

“Nantinya parit baru akan dimasukkan ke pintu air, terkait lebar parit masih dalam kajian. Disamping jembatan maupun 100 meter dari jembatan. Jadi nantinya kami bisa bagi dua arah supaya cepat pembuangannya,” tutupnya.

Penulis: Dwi S

Editor: Yusva Alam

Most Popular