spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Anak Takut ke Dokter? Ada Beberapa Tips Mudah Mengatasinya

BONTANG – Mengajak anak ke dokter sering kali menjadi tantangan bagi para orang tua. Sebagian besar anak menolak dan sangat rewel ketika akan diperiksa oleh dokter. Anak menjadi takut saat diperiksa oleh dokter, membuat sebagian orang tua cemas dan khawatir.

Dokter  Arlita Eka Putri Vivin Puspitasari, Sp.A, Dokter Spesialis Anak di RSUD Taman Husada Bontang memberikan beberapa tips dan cara mudah untuk mengatasi anak jika ingin diperiksa oleh dokter.

“Ada beberapa kepentingan anak saat bertemu dengan dokter. Bisa jadi datang menemui dokter saat lagi kontrol, periksa karena keadaan batuk pilek, bahkan saat anak disuntik untuk vaksinasi,” ucapnya saat diwawancarai awak media radarbontang.com, Selasa (24/10/2023).

Ia menyampaikan, jika nantinya akan pergi ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Rumah Sakit (RS), bahkan ke klinik, disarankan agar anak bisa membawa mainan, atau cemilan kesukaan anak.

“Nantinya saat pergi menemui dokter anak-anak bisa membawa mainan favoritnya, biar  mereka merasa nyaman. Bahkan bisa juga membawa cemilan atau snack kesukaan mereka,” paparnya.

Baca Juga:   Poliklinik Konservasi Gigi, Spesialis Perawatan Saluran Akar hingga Estetika

Selain membawa mainan atau cemilan kesukaan anak, kita sebagai orang tua tidak boleh berbohong kepada anak, atau memberikan harapan palsu yang sekiranya anak itu menjanjikan.

“Jangan juga berbohong, misalkan mengatakan jika nantinya di RS sangat banyak mainan, atau segala macam. Intinya jangan memberikan harapan yang tidak pasti kepada anak-anak,” ungkapnya.

Selain itu juga, dr Arlita juga menambahkan, beberapa hari sebelum pergi ke puskesmas, RS, atau klinik, anak terlebih dulu diberi arahan untuk pemeriksaan. Bahkan dipraktekkan di rumah, seperti apa dokter melakukan pemeriksaan. Mulai dari membuka mulut, mengecek suhu badan menggunakan termometer, bahkan memeriksa bagian dada menggunakan stetoskop. (dwi/adv).

Most Popular