spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Beragam Almamater Pejabat Pemkot Bontang, Berkarya untuk Bangsa dan Negara

BONTANG – Banyak orang yang memimpikan profesi sebagai ASN. Disamping bisa mendedikasikan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk memberi layanan terbaik pada masyarakat, harapan akan penghasilan yang memadai juga membayang di depan mata. Hal yang sama berlaku di Kota Bontang.

Bekerja sebagai abdi negara di Kota berjuluk Kota Taman tentu menjadi gairah tersendiri, dan hal inilah yang menarik minat alumni banyak perguruan tinggi, baik kampus lokal (yang berada di sekitar Kota Bontang), maupun kampus lainnya (dari luar Pulau Kalimantan). Ibarat gula bagi semut, manisnya iming-iming profesi yang mapan, membuat tamatan dari berbagai almamater itu berlomba-lomba mendaftarkan diri menjadi bagian dari korps pelat merah.

Berbekal ijazah Strata 1 atau Diploma yang dimiliki, para alumnus ini kemudian berkompetisi secara sehat, adil dan berimbang dalam tes seleksi CPNS maupun ujian persamaan lainnya. Mereka yang sukses raih cita merengkuh profesi ASN ini lantas memulai tahapan baru, yakni mengembangkan karirnya masing-masing.

Lantas bagaimana keberlanjutan karir mereka setelah menjadi PNS? Apakah Kota Pengolah Gas Alam ini hanya ‘ramah’ pada alumni kampus tertentu? Atau malah keberagaman almameter yang mengisi kursi para pejabat eselon-nya?   

Dilansir dari Data SIMPEG Kota Bontang Tahun 2024, keberagaman almamater adalah jawaban atas pertanyaan tersebut. Dari total 355 jabatan yang ada, terdapat lebih dari 60 macam almamater mengisi pos-pos jabatan di seluruh eselon (II, III dan IV).

Baca Juga:   Tujuh Pejabat JPT Pratama Bontang Selesaikan PKN Tingkat II, Sekda Beri Ucapan Selamat

Pada Eselon II contohnya, dari 33 jabatan yang tersedia, diisi oleh 22 macam almamater civitas akademika, baik kampus yang berdomisili di dalam maupun luar Pulau Kalimantan. Hampir sama dengan Eselon II, pada Eselon III dari total 126 jabatan, ada 46 macam almamater yang menempati pos-pos jabatan yang ada.

Idem dengan Eselon II dan III, pada Eselon IV dari total 196 jabatan, terdapat 63 macam almamater yang mengisinya.  Walau demikian, para alumnus perguruan tinggi lokal, seperti: Universitas Mulawarman dan Universitas Trunajaya konsisten berada di urutan puncak persentase jumlah Pejabat Eselon Pemkot Bontang, baik pada Eselon IV, Eselon III hingga Eselon II (simak infografis di akhir artikel).

Keberagaman sebagaimana diurai di atas, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, karena semakin banyak almamater yang mengisi pos-pos jabatan lingkup Pemerintah Kota Bontang, maka akan semakin memperkaya khazanah keilmuan para pejabat dalam pola interaksi mereka menghadapi tantangan pekerjaan.

Di sisi lain, keberagaman almamater memungkinkan terjalinnya konektivitas yang semakin luas antar para pejabat ini dalam menyelesaikan tugas-tugas kesehariannya baik secara internal maupun pihak eksternal instansi.

Baca Juga:   Audiensi Langsung dengan KemenPAN-RB, Wali Kota Bontang Perjuangkan Masa Depan TKD

Ditemui di ruang kerjanya, Sekda Kota Bontang, Aji Erlynawati tak menampik fakta tersebut. Iin membenarkan bahwa diferensiasi almamater yang sangat beragam telah lama terjadi di lingkup Pemkot Bontang.

Menanggapi ‘ke-Bhineka-an’ ini, Iin, sapaan akrab Aji Erlynawati menitipkan pesan penting:

“Keberagaman ini anugerah, pengabdian Kita sebagai PNS berbaur dengan banyak teman dari bermacam corak keilmuan. Intinya, kompetensi Kita sebagai PNS harus terus diasah dan wajib jaga sinergitas antar alumni,” Tegas Wanita Lulusan S1 Universitas Mulawarman Tahun 1990 ini, sembari merinci cara mengasah kompetensi yang Ia maksud sebagai EMPAT ASAH.

Pertama, ASAH WAWASAN dengan banyak baca referensi dan aturan yang terkait pekerjaan kita. Kedua, ASAH KETERAMPILAN dengan serius saat mengikuti pelatihan manajerial dan rajin turut serta dalam pelatihan-pelatihan Teknis. Ketiga, ASAH KEPRIBADIAN dengan menjadikan Nilai ASN Ber-AKHLAK sebagai pedoman berperilaku. Dan yang Keempat, ASAH JARINGAN dengan memperbanyak koneksi kerja.

Iin menjamin bila ke-EMPAT ASAH itu diimplementasikan dengan benar, kinerja yang baik akan cepat diraih oleh seorang PNS, tak peduli dari latar belakang kampus manapun PNS itu berasal.

Baca Juga:   BKPSDM Bontang Dukung Terselenggaranya KISS, Harap Terintegrasi dengan Aplikasi Gerbang Jaya

Penasaran dengan data yang Iin maksud? Yuk intip 5 Besar Persentase Jumlah Pejabat Eselon II, III dan IV lingkup Pemkot Bontang:

Pejabat Eselon II (33 orang)

1.              UNMUL (6 orang: 18%)

2.              APDN/STPDN/IPDN  (4 orang: 12%)

3.              UNIJAYA (2 orang: 6%)

4.              UNHAS (2 orang: 6%)

5.              UMI Makassar (2 orang: 6%)

+   17 almamater lain (17 orang: 52%)

 

Pejabat Eselon III (126 orang)

1.              UNMUL (21 orang: 17%)

2.              UNIJAYA(18 orang: 12%)

3.              UMI Makassar (10 orang: 8%)

4.              STPDN/IPDN (10 orang: 8%)

5.              UNHAS (9 orang: 7%)

+   40 almamater lain (58 orang:  48%)

 

Pejabat Eselon IV (196 orang)

1.              UNIJAYA (70 orang: 36%)

2.              UNMUL (16 orang: 8%)

3.              STPDN/IPDN (16 orang: 8%)

4.              UNTAG Samarinda (9 orang: 5%)

5.              Universitas Terbuka (6 orang: 3%)

+   58 almamater lain (79 orang:40%)

 

Editor: Yusva Alam

Most Popular