spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bontang Tuan Rumah Rakor se-Kaltim, Basri Apresiasi Peran PKK Turunkan Angka Stunting

BONTANG – Rapat Koordinasi Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se- Kalimantan Timur, resmi dilaksanakan pada Rabu (24/04/24), di Ballroom Hotel Bintang Sintuk.

Kegiatan yang ditandai dengan sambutan oleh Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Yulia Zubir Akmal ini, turut serta dihadiri oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase, Wawali Najirah dan Ketua TP PKK Bontang, Hapidah beserta jajarannya.

Basri Rase mengungkapkan, bahwa peran PKK sangatlah penting dan ia mengapresiasi kesungguhan kegiatan ini, terutama untuk menurunkan angka stunting di Kota Bontang.

“Kalau perempuan yang berbicara pasti didengar itulah peran perempuan. Apalagi hal seperti stunting sangat perlu digalakkan,” ujarnya.

Sebagai salah satu penyangga IKN tentu stunting harus diberantas, ia ingin Kota Bontang memiliki SDM yang berkualitas dan tentu harus ada peran semua pihak, sehingga anak-anak kelak tumbuh dengan baik.

Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Yulia juga menekankan peran penting PKK dalam mengentaskan persoalan stunting. Hal ini dikarenakan berdasar Survei Kesehatan Indonesia (SKI), prevalensi stunting Kaltim masih berada di angka 22%, dan SKI tersebut akan dikeluarkan kementrian kesehatan per kabupaten kota, mudah-mudahan kita bisa tahu capaiannya

Baca Juga:   Wawali Apresiasi Bus Listrik PT KPI

”Kaltim pada tahun 2023 mencapai prevalensi stuntingnya 22%, jadi belum mencapai target yang kita harapkan,” ungkap Yulia.

Di samping target nasional dalam rangka penurunan stunting hingga angka 14%, Yulia optimistis angka stunting di Provinsi Kaltim bisa turun hingga 12,8%.

Menyambut hal itu Pj Gubernur Kaltim, Akmal yang turut bergabung secara virtual, berharap agar PKK dapat fokus pada berbagai program kemasyarakatan.

“Fokus pada visi dan misi program PKK, yang tidak lain adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pengukuhan Ketua Pembina Posyandu Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Kaltim. Proses pengukuhan diikuti oleh Ketua TP PKK dari 9 kabupaten/kota yang di antaranya yakni, Ketua TP PKK Bontang, Ketua TP PKK Balikpapan. Ketua TP PKK Samarinda, Ketua TP PKK Kutai Kartanegara, Ketua TP PKK Kutai Timur, Ketua TP PKK Berau, Ketua TP PKK Kutai Barat, Ketua TP PKK Penajam Paser Utara dan Ketua TP PKK Mahakam Ulu. (adv).

Penulis: Syakura
Editor: Yusva Alam

Baca Juga:   Pemkot Gelar Pekan UMKM Hebat, Feel Koplo Jadi Bintang Tamu

Most Popular