spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Edukasi Masyarakat, PT IMM Bangun Pojok Literasi di Perpustakaan Daerah

BONTANG – PT Indominco Mandiri (IMM) bekerjasama dengan Pemkot Bontang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang membangun pojok literasi di salahsatu sudut Perpustakaan Daerah Bontang. Pojok Literasi IMM ini diresmikan Kamis (16/3/2023) lalu oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang, Aji Erlynawati.

Kepala Teknik Tambang PT IMM, Era Tjahya mengatakan, tujuan didirikannya pojok literasi tambang ini adalah untuk mengedukasi masyarakat Bontang seputar dunia tambang. Agar stigma negatif terkait dunia tambang yang berkembang di masyarakat perlahan memudar.

“Banyak hal negatif yang ada di pikiran masyarakat terkait tambang saat ini. Kami tidak bisa mengcounter semua pandangan itu. Semoga dengan pojok literasi ini semakin membuka pikiran masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, banyak hal positif yang bisa didapat dengan keberadaan tambang. Seperti peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Dirinya pun berterima kasih kepada Pemkot Bontang yang telah memfasilitasi pojok literasi tambang ini. Pihaknya akan berupaya terus melengkapi sarana yang dibutuhkan di pojok literasi ini, karena saat ini dirasa masih kurang.

Baca Juga:   Salurkan Bantuan Bagi 30 Masjid dan Musala di Bontang, Pupuk Kaltim Gelar Safari Ramadan 1445 H

“Semoga masyarakat semakin tercerahkan dengan beragam informasi seputar tambang IMM yang tersedia di pojok literasi ini,” harapnya.

Kadis DPK Bontang, Retno Febriaryanti mengatakan, pihaknya siap membantu perusahaan tambang untuk mengedukasi masyarakat. Agar masyarakat semakin terbuka pemikirannya terkait apakah benar perusahaan tambang itu merusak lingkungan atau tidak.

“Semoga hadirnya pojok literasi ini juga semakin meningkatkan jumlah pemustaka yang datang berkunjung ke Perpustakaan Daerah Bontang,” ujarnya.

Selaku tuan rumah pun pihaknya berharap perusahaan lain juga ikut melakukan hal yang sama. Dirinya mengajak perusahaan-perusahaan untuk bersama-sama mendidik dan mensejahterakan masyarakat.

“Kami berharap bisa membangun ruangan lain yang dapat mengakomodir perusahaan-perusahaan lainnya yang ingin berkontribusi di perpustakaan daerah ini,” bebernya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang, Aji Erlynawati menambahkan, tidak semua perpustakaan daerah memilik pojok literasi semacam ini. Hal ini merupakan inovasi yang luar biasa. Artinya sinergi antara Pemkot Bontang dan perusahaan berjalan baik.

“Saat ini anak muda lebih suka berselancar di dunia maya. Semoga hadirnya pojok literasi tambang ini dapat mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak muda tentang dunia tambang,” harapnya.

Baca Juga:   Berkat Kampung Inggris dan Gliserin, PT KMI Raih Penghargaan Perusahaan Sahabat Anak

Dirinya pun berharap dengan sinergi ini akan mendapatkan apresiasi baik di tingkat lokal maupun nasional. Lantaran masih minimnya pojok literasi perusahaan yang hadir di perpustakaan daerah.

“Akan saya sampaikan ke rekan-rekan yang lain bahwa ada pojok informasi semacam ini di Perpustakaan Daerah Bontang,” pungkasnya sembari meresmikan pojok literasi tambang IMM ini. (adv/al)

Most Popular