spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ini 5 Investasi yang Bakal Masuk, Mulai Pembangunan, dan Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat!

BONTANG – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bontang, Asdar Ibrahim mengatakan, dalam waktu dekat terdapat investasi yang bakal masuk maupun mulai mengaktifkan usahanya di Kota Bontang.

Total terdapat 5 investasi. Pertama, pembangunan pabrik CO2 Liquefaction Plant atau Pabrik Pencairan CO2. Dirancang untuk pencairan dan pemurnian gas karbon dioksida untuk memperoleh CO2 tingkat makanan, dari gas CO2 bertekanan rendah yang tidak murni dari gas produk samping pabrik amonia dan menghasilkan karbon dioksida cair bertekanan tinggi yang dimurnikan.

Biasanya dapat dijadikan bahan pendingin terutama dalam industri makanan, yang digunakan saat pengangkutan dan penyimpanan es krim dan makanan beku lainnya.

“Pabrik ini sudah melakukan peletakan batu pertama pada tahun 2022 lalu, dan mungkin sedang dalam pembangunan, kami belum terima kelanjutan progresnya,” jelasnya.

Kedua, pembangunan gerai McDonald’s yang pembangunannya sudah selesai dan siap untuk dioperasikan, “McD juga salah satunya, memang penyelesaiannya cukup cepat, tinggal tunggu grand opening saja,” jelasnya.

Ketiga, perluasan pabrik dan pelabuhan PT. Black Bear Resources Indonesia (BBRI) yang terdapat di Kelurahan Loktuan. Pada tahun 2023 ini diketahui mereka telah melaksanakan tahap perizinan.

Baca Juga:   Tahun 2023, DPMPTSP Bontang Tawarkan 18 Jenis Investasi

“Mereka tinggal menunggu rekomendasi dari PUPR kemudian kami keluarkan izin. Setelah itu mereka sudah bisa melakukan perluasan,” katanya.

Keempat, Pabrik Soda Ash yang akan mulai pembangunan pada tahun 2024 mendatang. Asdar mengatakan, besar harapan mereka kepada pabrik tersebut untuk bisa memberikan efek domino.

“Soda Ash ini bisa jadi bahan untuk pembuatan kaca, mie, jadi pinginnya pabrik-pabrik itu hadir juga di Bontang,” harapnya.

Terakhir adalah pabrik pengolahan limbah B3 yang sebelumnya sudah melakukan kunjungan untuk mengecek lahan yang akan mereka tempati.

“Mereka tinggal menunggu pembebasan lahan pada tahun 2024,” jelasnya. (sya/adv)

Most Popular