spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kadis LH: Kesadaran Masyarakat Akan Pengelolaan Sampah Makin Meningkat

BONTANG – Heru Triatmojo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bontang mengatakan, bahwa kesadaran masyarakat Bontang mulai meningkat terkait kebersihan dan sampah.

Pada tahun 2023 kemarin, pihaknya bersama seluruh stakeholder beserta tokoh-tokoh masyarakat, sukses melaksanakan program-program yang digunakan untuk mendaur ulang sampah.

“Dalam Adipura Kencana ini kami dituntut inovasi terus, dan tentu kami akan tingkatkan itu,” jelasnya.

Terdekat, pihak DLH akan melakukan inovasi berupa pirolisis atau mengubah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam upaya pengurangan sampah plastik. Nantinya pembuatannya akan dilakukan di TPA dan TPST.

Selanjutnya yang sedang dalam masa uji coba adalah paving blok terbuat dari plastik. Pihaknya telah uji coba dengan memakai secara internal paving blok tersebut.

“Pengadaan alat pencetakannya baru kita anggarkan tahun ini, jadi masih pake alat manual dulu,” terangnya.

Heru kembali mengingatkan, bahwa belum semua masyarakat melek akan sampah, tapi pihaknya selalu berkoordinasi dengan RT, lurah, maupun camat sekitar untuk tidak berhenti edukasikan hal tersebut.

Sebelumnya, pada tahun 2022 Heru masih menyayangkan volume sampah yang besar dan kurangnya pengolahan sampah, namun pada 2023 masyarakat sudah mulai mengerti dan hal tersebut merupakan proses.

Baca Juga:   Lurah Satimpo Galakkan Kelestarian Lingkungan

“Sedikit-sedikit masyarakat pasti akan melek soal sampah, 2024 ini kita gencarkan,” tutupnya.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular