spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kasus Ayah Kandung Lecehkan Anaknya, Abdul Malik: Pengawasan Lingkungan Perlu Diperhatikan

BONTANG – Wakil Ketua Komisi III DPRD Bontang, Abdul Malik mengatakan perlunya pengawasan lingkungan yang sangat ketat pada anak. Mulai dari lingkungan bermain, sekolah, ataupun lainnya.

Hal itu diungkapkannya, menanggapi kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan seorang ayah terhadap anak kandungnya yang berusia 8 tahun, belakangan ini.

“Persoalan tersebut tentunya tidak lepas dari persoalan lingkungan, dalam artian kenapa hal seperti itu bisa terjadi,” ucapnya saat diwawancarai, Selasa (14/11/2023) kemarin.

Dimana, dalam kasus ini peran orang tua sangat dibutuhkan dalam pengawasan. Lebih mengetahui lagi sisi pengawasan anak di lingkungan pendidikan, tempat ibadah, teman sebayanya, atau sebagainya.

“Ini menjadi catatan, dimana peran seorang ayah, peran seorang ibu, untuk pengawasan terhadap putra putrinya. Bahkan ini juga bisa menjadi perhatian semua pihak, adanya upaya pencegahan,” bebernya.

Tentunya untuk upaya pencegahan tidak bisa hanya mengandalkan dari satu institusi saja, akan tetapi keterlibatan para pihak antaranya baik orang tua, lingkungan masyarakat, serta para penyelenggara pemerintah.

“Mungkin secara norma setiap orang memahami, akan tetapi yang jadi pertanyaan ada hal apa di tengah-tengah sosial masyarakat kita sekarang ini. Dalam artian proses pendidikan, maupun keadaan lingkungan keluarga,” ungkapnya.

Baca Juga:   Pemkot Bagikan Seragam, Tas, dan Sepatu di Tahun Ajaran Baru

Abdul malik juga menambahkan, dengan harapan ke depan tentunya kesadaran bersama, baik sebagai orang tua, sebagai tokoh pemimpin lingkungan di sekitar, di tingkat Rukun Tetangga (RT), dan lainnya. Kemudian juga sisi pengawasan, dari pemerintah untuk menciptakan lingkungan juga lebih ditingkatkan. Tidak kalah penting, dari sisi media dalam memberikan edukasi.

Penulis: Dwi S

Editor: Yusva Alam

Most Popular