spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tes dan Karantina Pastikan Hewan Kurban Layak Konsumsi

BONTANG – Hewan kurban yang dikirim dari luar kota dinilai sudah layak untuk dikonsumsi, karena telah melewati tes dan juga karantina. Hal itu diungkapkan Kasi Pelayanan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Peternakan (DKP3) Bontang drh Riyono.

Saat hewan ternak sudah berada di Bontang, akan dicek lagi kondisinya. Untuk memastikan dalam kondisi sehat.

“Sebelum dipotong kami sudah melakukan serangkaian pemeriksaan,” jelasnya saat dihubungi oleh redaksi Jumat (30/6/2023).

Sebelumnya sempat disinggung, bahwa harga sapi dan kambing mengalami kenaikan. Menurut Riyono, hal itu disebabkan banyak prosesur pemeriksaan melalui laboratorium.

Sebelum dikirim, hewan sudah diuji laboratorium dan uji PCR untuk memastikan bebas dari PMK. Pemeriksaan dilakukan langsung di tempat asal dan bebas penyakit menular, setelah itu dilakukan karantina di pelabuhan tempat pengeluaran asal ternak.

“Sampai di Balikpapan atau Samarinda dilakukan pemeriksaan kembali, dan diberikan surat pelepasan dari karantina. Sampai Bontang dilakukan pemeriksaan kembali,” tambahnya.

Pemeriksaan yang bertahap dan terus menerus, memastikan bahwa hewan ternak yang diperjual belikan di Kota Bontang sudah layak untuk dikonsumsi.  (sya)

Baca Juga:   Basri Harap PT KAN Dapat Bantu Perekonomian Bontang

Most Popular