spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Guntung Temukan Ikan-Ikan Mati, Diduga Tercemar Limbah

BONTANG – Warga di Kelurahan Guntung mendapati banyaknya temuan ikan mati di perairan sekitar wilayah Guntung pada Senin (9/10/23) malam.

Saat dikonfirmasi, Lurah Guntung, Denny Febrian menjelaskan, bahwa ikan-ikan tersebut tidak hanya didapat di Sungai Guntung, melainkan sepanjang muara hingga ke Pelabuban Kelurahan Loktuan.

“Didapatnya mulai dari muara di Sungai Guntung sampai ke pelabuhan sana, dan lumayan banyak yang mati, kami mendapatkan laporan tersebut juga dari warga,” jelasnya saat dihubungi Selasa (10/10/23) oleh Redaksi Radarbontang.com.

Lebih lanjut, pihak kelurahan telah melakukan koordinasi dengan OPD terkait, agar dilakukan pengambilan sample air dan sample ikan yang ditemukan sudah mengambang di atas air.

“Kami koordinasi dengan dinas lingkungan hidup, dan baru akan dilakukan penelitian terkait penyebab kematian ikan tersebut,” ujarnya.

Sampai saat ini belum dapat dijelaskan penyebabnya. Namun Denny sempat berdiskusi dengan seseorang yang bekerja di bidang perikanan. Dijelaskannya, terdapat dua kemungkinan penyebab kematian ikan tersebut, yakni perubahan cuaca ektrim ataupun pencemaran oleh limbah.

Baca Juga:   Jadi Pesulap dan Badut, Menguntungkan sekaligus Bikin Bahagia

“Kami belum tau penyebab pastinya, tapi pengambilan sample akan dilakukan sesegera mungkin, karena tidak mungkin untuk dibiarkan berlama-lama. Untuk limbah sebenarnya belum pernah terjadi,” pungkasnya.

Penulis: Syakurah

Editor: Yusva Alam

Most Popular